Cara Mudah Setting Plugin Yoast SEO Bagi Pemula

Cara Mudah Setting Plugin Yoast SEO Bagi Pemula

Bila membahas tentang website atau blog maka tak bisa terlepas dari SEO atau Search Engine Optimization. Dimana bagi pengguna WordPress self-hosting kini akan sangat terbantu dengan hadirnya plugin SEO. Dari beberapa plugin yang tersedia, terdapat dua plugin SEO yang sangat populer yaitu Yoast SEO dan All In One SEO Pack. Namun kebanyakan pemilik website memilih menggunakan Yoast SEO karena menawarkan fitur yang lengkap mulai dari densitas keyword sampai readbility.

Cara Mudah Setting Plugin Yoast SEO Bagi Pemula

Meskipun Yoast SEO banyak disukai namun setting Yoast SEO ini ternyata cukup ribet serta memusingkan para pemula. Bagi anda yang ingin belajar setting plugin Yoast SEO maka terdapat beberapa cara mudah yang bisa anda pelajari dan terapkan sebagai berikut.

  1. Instal Yoast SEO
    Cara pertama yang harus anda lakukan yaitu menginstall Yoast SEO dengan masuk pada blog wordpress self-hosting. Dimana pada fitur plugin silakan klik add new lalu ketikkan Yoast SEO di kotak pencarian plugin. Selanjutnya klik install now, klik active.
  2. Mengaktifkan Advanced Settings Page
    Sesudah Yoast SEO terinstal maka berikutnya silakan setting plugin tersebut dengan memilih menu settings, lalu pada halaman general muncul Yoast SEO kemudian klik tab features. Lihatlah bagian advanced setting pages lalu klik enabled agar fitur titles aktif, social, XML Sitemaps dan lain sebagainya. Silakan klik save changes.
  3. Mengisi Judul dan Meta Deskripsi Homepage
    dalam tahap ini anda bisa memulainya dengan mengklik titles & metas lalu di halaman akan muncul tab homepage. Silakan ketik judul halaman di kotak title template serta deskripsi di kotak meta description template. Supaya judul deskripsi tersebut tidak terpotong pada penulusuran google maka buatlah tidak melebihi 63 katakter. Sedangkan untuk meta deskripsinya maksimal 130 karakter.
  4. Atur Post Types
    Yoast SEO juga memungkinkan bisa mengatur tipe postingan halaman serta media melalui langkap klik tab post types lalu dibagian posts silakan mengubah title template menjadi tipe judulnya saja. Untuk meta description template, date in snippest preview, meta robots serta Yoas SEO Meta Box sebaiknya dibiarkan seperti bawaan. Selanjutnya lakukan hal yang sama untuk bagian pages dan media lalu silakan klik save changes.
  5. Mengatur Taxonomies
    Untuk taxonomies ini meliputi kategori, arsip berbasis format dan tags. Untuk mengatur taxonomies maka silakan pilih menu categories klik noindex. Lakukan hal yang sama pada tags dan format kemudian klik save changes.
  6. Setting Archives
    Silakan pilih menu meta robots pada author archives settinga klik noindex. Lakukan hal serupa untuk date archives settings. Biarkanlah special sesuai bawaannya kemudian klik save changes.
  7. Settinga Other
    Untuk bagian other terdiri atas tag kata kunci meta, arsip subhalaman, serta meta sitewide. Pada tahap ini anda bisa memberi noindex lalu nonaktifkan ketiga fitur tersebut.

Baca juga : Menjadikan Blogging Sebagai Suatu Kebiasaan

Demikianlah penjelasan mengenai cara mudah setting plugin Yoast SEO yang bisa menambah wawasan pemula. Pastinya penjelasan di atas bisa dengan mudah anda praktikkan agar blog atau website anda semakin optimal sehingga lebih menarik dan mendatangkan lebih banyak pengunjung.